BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar belakang
Dalam
manajemen strategik ada yang namanya analisis lingkungan yang merupakan
analisis lingkungan secara umum atau secara makro dan juga lingkungan sekitar
kerja atau lingkungan eksternal. Didalam analisis lingkungan tersebut terdapat
beberapa elemen yang sangat berpengaruh kepada perusahaan secara tidak langsung
namun hal itu akan terjadi pada waktu yang panjang. Dengan analisis lingkungan
ini perusahaan bisa mendapatkan peluang dan mengantisipasinya untuk mencapai tujuan
perusahaan.
Di
makalah ini saya akan membahas bagaimana analisis lingkungan dapat mempengaruhi
keberhasilan suatu perusahaan serta saya akan membahas tentang elemen-elemen
apa saja yang ada pada analisis lingkungan perusahaan secara umum. Salah satu tujuan
penting dari studi lingkungan umum adalah untuk mengidentifikasi peluang dan
ancaman. Peluang adalah kondisi dalam lingkungan umum yang dapat membantu suatu perusahaan mencapai
daya saing strategis. Ancaman adalah suatu kondisi dalam lingkungan umum yang
dapat menghambat usaha-usaha perusahaan untuk mencapai daya saing strategis.
Oleh karena itu analisis lingkungan sangat penting bagi perusahaan dan saya
akan membahasnya secara singkat dalam makalah ini.
1.2
Rumusan Masalah
1.2.1
Bagaimana
hubungan elemen perekonomian dengan analisis lingkungan umum perusahaan ?
1.2.2
Bagaimana elemen
lingkungan alam sekitar dapat mempengaruhi perusahaan ?
1.2.3
Apa itu pengertian
elemen lingkungan demografi dan hubungannya dengan analisis lingkungan umum
perusahaan?
1.2.4
Apa itu
Pengertian elemen lingkungan teknologi?
1.2.5
Bagaimana
hubungan Elemen Sosial Budaya dengan Analisis lingkungan umum perusahaan ?
1.2.6
Apa saja
Lingkungan eksternal perusahaan ?
1.3 Tujuan
1.3.1
Untuk mengetahui
elemen perekonomian dalam analisis lingkungan umum perusahaan.
1.3.2
Untuk mengetahui
bagaimana elemen lingkungan alam sekitar dapat mempengaruhi perusahaan.
1.3.3
Untuk mengetahui
pengertian elemen lingkungan demografi dan hubungannya dengan analisis
lingkungan umum perusahaan.
1.3.4
Untuk mengetahui
pengertian elemen lingkungan teknologi.
1.3.5
Untuk mengetahui
hubungan Elemen Sosial Budaya dengan Analisis lingkungan umum perusahaan.
1.3.6
Untuk lingkungan
eksternal perusahaan.
1.4 Manfaat
1.4.1
Dapat mengetahui
bagaimana elemen perekonomian dalam analisis lingkungan umum perusahaan.
1.4.2
Dapat mengetahui
bagaimana elemen lingkungan alam sekitar dapat mempengaruhi perusahaan.
1.4.3
Dapat mengetahui
pengertian elemen lingkungan demografi dan hubungannya dengan analisis
lingkungan umum perusahaan.
1.4.4
Dapat mengetahui
pengertian elemen lingkungan teknologi.
1.4.5
Dapat mengetahui
hubungan Elemen Sosial Budaya dengan Analisis lingkungan umum perusahaan.
1.4.6
Dapat mengetahui
lingkungan eksternal perusahaan.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Bagaimana
hubungan elemen perekonomian dengan analisis lingkungan umum perusahaan ?
Perekonomian sangatlah penting berpengaruh bagi
suatu bangsa ,dimana perekonomian ini bisa menentukan keberhasilan suatu negara
dalam mengelola negaranya. Bagi perusahaan perekonomian sangat berpengaruh
untuk menentukan tingkat produksi penentuan harga dan lainnya. Perekonomian
suatu negara yang stabil membuat perusahaan bisa menerapkan rencana
perusahaannya dengan baik guna mencapai tujuannya. Namun disaat perekonomian
suatu negara dalam keadaan labil perusahaan akan sulit menerapkan rencananya
karena terkendala oleh banyak hal misalnya nilai tukar rupiah dan dolar yang
tidak stabil, penentuan harga hasil produksi pun akan sulit karena daya beli
masyarakat yang tidak terjangkau. Hasilnya perusahaan akan mengurangi
produksinya dan otomatis akan terjadi PHK karyawan dan terjadi pengangguran
dimana-mana seperti yang terjadi pada Indonesia pada tahun 1997-1998.
Jadi
perusahaan harus mampu menganalisis elemen perekonomian negara tempat
perusahaannya apakah sedang stabil ataupun terjadi gejolak yang menyebabkan inflasi.
Jika inflasi terjadi tentunya perusahaan harus mampu menerapkan strategi yang
sesuai dengan keadaan yang sedang terjadi. Maka itulah pentingnya analisis
elemen perekonomian bagi suatu perusahaan.
2.2 Bagaimana elemen
lingkungan alam sekitar dapat mempengaruhi perusahaan ?
Lingkungan
alam sekitar sangatlah berpengaruh bagi perusahaan terlebih jika perusahaan
tersebut memiliki keterkaitan erat dengan sumber daya alam seperti bahan baku
yang tergantung pada alam. Jika terjadi kelangkaan bahan baku di alam tentu
perusahaan harus mempertimbangkan hal itu sebelumnya dan menerapkan strategi
agar bagaimana kelangkaan bahan baku tersebut tidak mempengaruhi proses
produksi. Ketidakpastian alam membuat perusahaan harus pintar-pintar menerapkan
strategi dan menganalisis keadaan tersebut .
Keadaan
alam sekitar yang lain adalah dari peraturan pemerintah yang menganjurkan agar
produk-produk haruslah ramah lingkungan. Hal ini disebabkan karena akhir-akhir
ini isu global warming atau pemanasan global sangat ramai dibicarakan
dikhayalak banyak sehingga perusahaan haruslah bisa menganalisis dengan cermat
apakah produk yang dihasilkan itu sudah memenuhi standar yang telah ditentukan
tersebut.
2.3 Apa itu
pengertian elemen lingkungan demografi dan hubungannya dengan analisis
lingkungan umum perusahaan?
Demografi
adalah segala sesuatu yang terkait dengan kependudukan . diantaranya adalah
jumlah penduduk, gender, distribusi usia, ras yang ada, tingkat pendidikan, dan
sebagainya. Yang mana hal itu akan mempunyai kekuatan yang berdampak tidak
langsung kepada perusahaan.
Lingkungan demografis berkaitan dengan :
A. Ukuran Populasi
Mengamati perubahan demografi dalam populasi sangat
menunjukkan pentingnya elemen ini bagi analisis lingkungan umum perusahaan.
Misalnya di negara maju pasangan suami istri rata-rata memiliki kurang dari dua
anak, seiring dengan berjalannya waktu tingkat kelahiran seperti itu akan
membuat hilangnya populasi. Kontras dengan negara-negara berkembang tingkat
pertumbuhan populasi yang cepat semakin mengurangi sumber daya alam dan
mengurangi standar hidup penduduknya. Proyeksi ini menunjukkan
tantangan-tantangan dan peluang bisnis pada saat ini.
B. Struktur Usia
Adanya
proyeksi bahwa setengah perempuan dan dan sepertiga laki-laki yang hidup
saat ini di negara-negara berkembang akan hidup sampai usia 70 tahun, hal ini
memunculkan peluang-peluang bisnis yang bisa diambil perusahaan untuk
menciptakan produk-produk yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan usia.
C. Bauran Etnis atau Ras
Bauran etnis atau ras dari suatu negara terus
berubah, perubahan ini juga mempengaruhi komposisi pekerja. Karena tenaga kerja
dapat menentukan keberhasilan persaingan perusahaan. Diseluruh dunia perusahaan
harus belajar untuk bekerja efektif dengan tenaga kerja yang beragam.
D. Distribusi Pendapatan
Analisis lingkungan ini diperlukan perusahaan agar
dapat mengetahui bagaimana konsumen mendistribusikan penghasilannya dan
perusahaan mampu mengetahui daya beli dan pendapatan kelompok-kelompok yang ada
pada masyarakat.
2.4 Apa itu
Pengertian elemen lingkungan teknologi?
Lingkungan
teknologi meliputi kemajuan ilmiah dan teknologi dalam industri secara khusus
dan masyarakat secara umum. Dengan memperhatikan kemajuan teknologi ini
perusahaan harus mampu menganalisis bagaiamana perkembangan teknologi yang saat
ini lagi digemari atau sedang trend dan hal itu harus selalu diikuti secara up
to date agar perusahaan mampu bersaing dalam era globalisasi atau perdagangan
bebas saat ini. Dengan perkembangan teknologi jelas produksi bisa menjadi lebih
cepat dan efisien, serta inovasi akan semakin beragam.
Namun
dalam mengikuti perkembangan teknologi perusahaan harus mempertimbangkan dari
segi biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti trend teknologi tersebut
apakah mampu perusahaan dalam menerapkannya, juga dari segi karyawan yang harus
diketahui terlebih dahulu apakah karyawan siap menerapkan teknologi baru
tersebut, jangan sampai dengan teknologi baru tersebut malah membuat proses
produksi semakin terhambat. Oleh karena itu pengolahan pengetahuan karyawan
harus dilakukan dengan baik dan menjadi perhatian penting bagi setiap
perusahaan terlebih disaat akan menerima karyawan baru.
Kemajuan
teknologi yang membuat tren-tren baru yang terjadi dimasyarakat harus siap
dihadapi oelh perusahaan. Kemajuan-kemajuan itu akan mengubah aturan main dari
dunia bisnis oleh karena itu setiap perusahaan harus mempunyai strategi yang
bagus untuk menanggulangi hal tersebut.
2.5
Bagaimana hubungan Elemen Sosial Budaya dengan
Analisis lingkungan umum perusahaan ?
Budaya
dalam organisasi atau perusahaan pada dasarnya merupakan nilai-nilai dan norma
yang dianut oleh organisasi dan membantu para anggotanya untuk memahami
bagaimana sebenarnya organisasi bisnis berjalan, dan apa yang penting dan tidak
penting bagi organisasi atau perusahaan bisnis dapat dikaitkan dengan
lingkungan disekitarnya. Jika sebuah perusahaan beroperasi di sebuah lingkungan
dimana nilai-nilai yang dianutnya sesuai dengan apa yang dijalankan oleh
perusahaan, maka perusahaan tidak akan mengalami kesulitan. Namun jika
nilai-nilai yang dianutnya tidak sesuai dengan apa yang dijalankan oleh
perusahaan, maka tidak jarang persoalan budaya ini dapat menghambat kegiatan
bisnis dari sebuah perusahaan.
Perusahaan
harus mampu memahami adanya perbedaan sosial budaya disetiap lingkungan yang
berbeda, agar dapat lebih jauh memahami apa yang sebenarnya dianut masyarakat
setempat dimana perusahaan berinteraksi dan bagaimana perusahaan bisa
beradaptasi dengan keadaan tersebut.
2.6
Apa saja Lingkungan eksternal perusahaan ?
Manajemen Strategik dalam
implementasinya ditentukan oleh tahapan identifikasi lingkungan (internal dan
eksternal), perumusan strategi, implementasi strategi, pemantauan dan evaluasi
strategi. Hal tersebut disusun dari sistem lingkungan yang terdiri dari
analisis lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan : sumber daya, kapabilitas
dan kompetensi inti) dan eksternal (peluang dan ancaman) yang dikenal sebagai
SWOT ataupun pendekatan peran (policy, strategik dan fungsi) untuk mengetahui faktor-faktor
yang mempengaruhi, baik secara luas maupun spesifik, maka kita harus mengetahui
apa saja faktor-faktor dari eksternal perusahaan tersebut :
A)
Masuknya pendatang baru (skala ekonomi,
diferensiasi produk, persyaratan modal, biaya peralihan pemasok, akses ke saluran
distribusi, kebijakan pemerintah dan lainnya.
B)
Ancaman produk dan pengganti harga yang
mempengaruhi stabilitas penentuan harga oleh perusahaan.
C)
Kekuatan tawar menawar pembeli (kuantitas,
mutu dan ketersediaan).
D)
Kekuatan tawar menawar pemasok (dominasi,
integrasi dan keunikan).
E)
Persaingan konvensional diantara pesaing
(posisi dan ketergantungan).
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dengan
mengetahui beberapa analisis lingkungan umum perusahaan tersebut perusahaan dapat
mengetahui bagaimana keadaan dilingkungan sekitar baik dari lingkungan internal
dengan berbagai elemen yang telah disebutkan diatas maupun dari lingkungan
eksternal perusahaan. Maka dari itu perusahaan bisa menentukan strategi apa
yang harus dilakukan perusahaan guna menghadapi berbagai keadaan yang terjadi
disekitar perusahaan.
Yang
paling utama dari analisis lingkungan perusahaan tersebut bagaimana perusahaan
bisa memberikan yang terbaik dan tidak membuat kebijakan yang bisa merugikan
baik perusahaan maupun lingkungan sekitar.
3.2 Saran
Seharusnya setiap perusahaan harus mempunyai
analisis lingkungan ini baik secara internal maupun eksternal. Dengan penerapan
analisis lingkungan umum yang baik perusahaan akan mampu membuat
strategi-strategi yang baik guna perusahaan mencapai tujuan dan dapat berbaur
dengan lingkungan tempat perusahaannya agar tidak terjadi konflik yang malah
bisa merugikan perusahaan.
DAFTAR PUSTAKA
Amir Taufiq. 2011. Manajemen Strategik ” Konsep
dan Aplikasi”. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada
Sule Erni
Tisnawati & Saefullah Kurniawan. 2008. “Pengantar
Manajemen”. Jakarta. Prenada Media Group
Daft Richard.
2002. “Manajemen”. Jakarta : Erlangga
Artikelnya bagusss...
BalasHapusSekedar ingin berbagi aja, barangkali bisa menambah sedikit referensi mengenai Pengaruh Lingkungan Terhadap Perusahaan (General Business Environment)
Klik --> Makalah Lingkungan Budaya Terhadap KFC di Indonesia