Kamis, 21 Juni 2012

makalah analisis lingkungan perusahaan


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang
Dalam manajemen strategik ada yang namanya analisis lingkungan yang merupakan analisis lingkungan secara umum atau secara makro dan juga lingkungan sekitar kerja atau lingkungan eksternal. Didalam analisis lingkungan tersebut terdapat beberapa elemen yang sangat berpengaruh kepada perusahaan secara tidak langsung namun hal itu akan terjadi pada waktu yang panjang. Dengan analisis lingkungan ini perusahaan bisa mendapatkan peluang dan mengantisipasinya untuk mencapai tujuan perusahaan.
Di makalah ini saya akan membahas bagaimana analisis lingkungan dapat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan serta saya akan membahas tentang elemen-elemen apa saja yang ada pada analisis lingkungan perusahaan secara umum. Salah satu tujuan penting dari studi lingkungan umum adalah untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman. Peluang adalah kondisi dalam lingkungan umum  yang dapat membantu suatu perusahaan mencapai daya saing strategis. Ancaman adalah suatu kondisi dalam lingkungan umum yang dapat menghambat usaha-usaha perusahaan untuk mencapai daya saing strategis. Oleh karena itu analisis lingkungan sangat penting bagi perusahaan dan saya akan membahasnya secara singkat dalam makalah ini.

1.2  Rumusan Masalah
1.2.1        Bagaimana hubungan elemen perekonomian dengan analisis lingkungan umum perusahaan ?
1.2.2        Bagaimana elemen lingkungan alam sekitar dapat mempengaruhi perusahaan ?
1.2.3        Apa itu pengertian elemen lingkungan demografi dan hubungannya dengan analisis lingkungan umum perusahaan?
1.2.4        Apa itu Pengertian elemen lingkungan teknologi?
1.2.5        Bagaimana hubungan Elemen Sosial Budaya dengan Analisis lingkungan umum perusahaan ?
1.2.6        Apa saja Lingkungan eksternal perusahaan ?
1.3  Tujuan
1.3.1        Untuk mengetahui elemen perekonomian dalam analisis lingkungan umum perusahaan.
1.3.2        Untuk mengetahui bagaimana elemen lingkungan alam sekitar dapat mempengaruhi perusahaan.
1.3.3        Untuk mengetahui pengertian elemen lingkungan demografi dan hubungannya dengan analisis lingkungan umum perusahaan.
1.3.4        Untuk mengetahui pengertian elemen lingkungan teknologi.
1.3.5        Untuk mengetahui hubungan Elemen Sosial Budaya dengan Analisis lingkungan umum perusahaan.
1.3.6        Untuk lingkungan eksternal perusahaan.
1.4  Manfaat
1.4.1        Dapat mengetahui bagaimana elemen perekonomian dalam analisis lingkungan umum perusahaan.
1.4.2        Dapat mengetahui bagaimana elemen lingkungan alam sekitar dapat mempengaruhi perusahaan.
1.4.3        Dapat mengetahui pengertian elemen lingkungan demografi dan hubungannya dengan analisis lingkungan umum perusahaan.
1.4.4        Dapat mengetahui pengertian elemen lingkungan teknologi.
1.4.5        Dapat mengetahui hubungan Elemen Sosial Budaya dengan Analisis lingkungan umum perusahaan.
1.4.6        Dapat mengetahui lingkungan eksternal perusahaan.






BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Bagaimana hubungan elemen perekonomian dengan analisis lingkungan umum perusahaan ?
             Perekonomian sangatlah penting berpengaruh bagi suatu bangsa ,dimana perekonomian ini bisa menentukan keberhasilan suatu negara dalam mengelola negaranya. Bagi perusahaan perekonomian sangat berpengaruh untuk menentukan tingkat produksi penentuan harga dan lainnya. Perekonomian suatu negara yang stabil membuat perusahaan bisa menerapkan rencana perusahaannya dengan baik guna mencapai tujuannya. Namun disaat perekonomian suatu negara dalam keadaan labil perusahaan akan sulit menerapkan rencananya karena terkendala oleh banyak hal misalnya nilai tukar rupiah dan dolar yang tidak stabil, penentuan harga hasil produksi pun akan sulit karena daya beli masyarakat yang tidak terjangkau. Hasilnya perusahaan akan mengurangi produksinya dan otomatis akan terjadi PHK karyawan dan terjadi pengangguran dimana-mana seperti yang terjadi pada Indonesia pada tahun 1997-1998.
             Jadi perusahaan harus mampu menganalisis elemen perekonomian negara tempat perusahaannya apakah sedang stabil ataupun terjadi gejolak yang menyebabkan inflasi. Jika inflasi terjadi tentunya perusahaan harus mampu menerapkan strategi yang sesuai dengan keadaan yang sedang terjadi. Maka itulah pentingnya analisis elemen perekonomian bagi suatu perusahaan.
2.2  Bagaimana elemen lingkungan alam sekitar dapat mempengaruhi perusahaan ?
             Lingkungan alam sekitar sangatlah berpengaruh bagi perusahaan terlebih jika perusahaan tersebut memiliki keterkaitan erat dengan sumber daya alam seperti bahan baku yang tergantung pada alam. Jika terjadi kelangkaan bahan baku di alam tentu perusahaan harus mempertimbangkan hal itu sebelumnya dan menerapkan strategi agar bagaimana kelangkaan bahan baku tersebut tidak mempengaruhi proses produksi. Ketidakpastian alam membuat perusahaan harus pintar-pintar menerapkan strategi dan menganalisis keadaan tersebut .
             Keadaan alam sekitar yang lain adalah dari peraturan pemerintah yang menganjurkan agar produk-produk haruslah ramah lingkungan. Hal ini disebabkan karena akhir-akhir ini isu global warming atau pemanasan global sangat ramai dibicarakan dikhayalak banyak sehingga perusahaan haruslah bisa menganalisis dengan cermat apakah produk yang dihasilkan itu sudah memenuhi standar yang telah ditentukan tersebut.
2.3  Apa itu pengertian elemen lingkungan demografi dan hubungannya dengan analisis lingkungan umum perusahaan?
             Demografi adalah segala sesuatu yang terkait dengan kependudukan . diantaranya adalah jumlah penduduk, gender, distribusi usia, ras yang ada, tingkat pendidikan, dan sebagainya. Yang mana hal itu akan mempunyai kekuatan yang berdampak tidak langsung kepada perusahaan.
Lingkungan demografis berkaitan dengan :
A.       Ukuran Populasi
Mengamati perubahan demografi dalam populasi sangat menunjukkan pentingnya elemen ini bagi analisis lingkungan umum perusahaan. Misalnya di negara maju pasangan suami istri rata-rata memiliki kurang dari dua anak, seiring dengan berjalannya waktu tingkat kelahiran seperti itu akan membuat hilangnya populasi. Kontras dengan negara-negara berkembang tingkat pertumbuhan populasi yang cepat semakin mengurangi sumber daya alam dan mengurangi standar hidup penduduknya. Proyeksi ini menunjukkan tantangan-tantangan dan peluang bisnis pada saat ini.
B.       Struktur Usia
Adanya  proyeksi bahwa setengah perempuan dan dan sepertiga laki-laki yang hidup saat ini di negara-negara berkembang akan hidup sampai usia 70 tahun, hal ini memunculkan peluang-peluang bisnis yang bisa diambil perusahaan untuk menciptakan produk-produk yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan usia.
C.       Bauran Etnis atau Ras
Bauran etnis atau ras dari suatu negara terus berubah, perubahan ini juga mempengaruhi komposisi pekerja. Karena tenaga kerja dapat menentukan keberhasilan persaingan perusahaan. Diseluruh dunia perusahaan harus belajar untuk bekerja efektif dengan tenaga kerja yang beragam.
D.       Distribusi Pendapatan
Analisis lingkungan ini diperlukan perusahaan agar dapat mengetahui bagaimana konsumen mendistribusikan penghasilannya dan perusahaan mampu mengetahui daya beli dan pendapatan kelompok-kelompok yang ada pada masyarakat.
2.4  Apa itu Pengertian elemen lingkungan teknologi?
             Lingkungan teknologi meliputi kemajuan ilmiah dan teknologi dalam industri secara khusus dan masyarakat secara umum. Dengan memperhatikan kemajuan teknologi ini perusahaan harus mampu menganalisis bagaiamana perkembangan teknologi yang saat ini lagi digemari atau sedang trend dan hal itu harus selalu diikuti secara up to date agar perusahaan mampu bersaing dalam era globalisasi atau perdagangan bebas saat ini. Dengan perkembangan teknologi jelas produksi bisa menjadi lebih cepat dan efisien, serta inovasi akan semakin beragam.
             Namun dalam mengikuti perkembangan teknologi perusahaan harus mempertimbangkan dari segi biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti trend teknologi tersebut apakah mampu perusahaan dalam menerapkannya, juga dari segi karyawan yang harus diketahui terlebih dahulu apakah karyawan siap menerapkan teknologi baru tersebut, jangan sampai dengan teknologi baru tersebut malah membuat proses produksi semakin terhambat. Oleh karena itu pengolahan pengetahuan karyawan harus dilakukan dengan baik dan menjadi perhatian penting bagi setiap perusahaan terlebih disaat akan menerima karyawan baru.
             Kemajuan teknologi yang membuat tren-tren baru yang terjadi dimasyarakat harus siap dihadapi oelh perusahaan. Kemajuan-kemajuan itu akan mengubah aturan main dari dunia bisnis oleh karena itu setiap perusahaan harus mempunyai strategi yang bagus untuk menanggulangi hal tersebut.
2.5    Bagaimana hubungan Elemen Sosial Budaya dengan Analisis lingkungan umum perusahaan ?
             Budaya dalam organisasi atau perusahaan pada dasarnya merupakan nilai-nilai dan norma yang dianut oleh organisasi dan membantu para anggotanya untuk memahami bagaimana sebenarnya organisasi bisnis berjalan, dan apa yang penting dan tidak penting bagi organisasi atau perusahaan bisnis dapat dikaitkan dengan lingkungan disekitarnya. Jika sebuah perusahaan beroperasi di sebuah lingkungan dimana nilai-nilai yang dianutnya sesuai dengan apa yang dijalankan oleh perusahaan, maka perusahaan tidak akan mengalami kesulitan. Namun jika nilai-nilai yang dianutnya tidak sesuai dengan apa yang dijalankan oleh perusahaan, maka tidak jarang persoalan budaya ini dapat menghambat kegiatan bisnis dari sebuah perusahaan.
             Perusahaan harus mampu memahami adanya perbedaan sosial budaya disetiap lingkungan yang berbeda, agar dapat lebih jauh memahami apa yang sebenarnya dianut masyarakat setempat dimana perusahaan berinteraksi dan bagaimana perusahaan bisa beradaptasi dengan keadaan tersebut.
2.6         Apa saja Lingkungan eksternal perusahaan ?
               Manajemen Strategik dalam implementasinya ditentukan oleh tahapan identifikasi lingkungan (internal dan eksternal), perumusan strategi, implementasi strategi, pemantauan dan evaluasi strategi. Hal tersebut disusun dari sistem lingkungan yang terdiri dari analisis lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan : sumber daya, kapabilitas dan kompetensi inti) dan eksternal (peluang dan ancaman) yang dikenal sebagai SWOT ataupun pendekatan peran (policy, strategik dan fungsi) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi, baik secara luas maupun spesifik, maka kita harus mengetahui apa saja faktor-faktor dari eksternal perusahaan tersebut :
A)    Masuknya pendatang baru (skala ekonomi, diferensiasi produk, persyaratan modal,  biaya peralihan pemasok, akses ke saluran distribusi, kebijakan pemerintah dan lainnya.
B)    Ancaman produk dan pengganti harga yang mempengaruhi stabilitas penentuan harga oleh perusahaan.
C)    Kekuatan tawar menawar pembeli (kuantitas, mutu dan ketersediaan).
D)    Kekuatan tawar menawar pemasok (dominasi, integrasi dan keunikan).
E)     Persaingan konvensional diantara pesaing (posisi dan ketergantungan).





















BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
             Dengan mengetahui beberapa analisis lingkungan umum perusahaan tersebut perusahaan dapat mengetahui bagaimana keadaan dilingkungan sekitar baik dari lingkungan internal dengan berbagai elemen yang telah disebutkan diatas maupun dari lingkungan eksternal perusahaan. Maka dari itu perusahaan bisa menentukan strategi apa yang harus dilakukan perusahaan guna menghadapi berbagai keadaan yang terjadi disekitar perusahaan.
             Yang paling utama dari analisis lingkungan perusahaan tersebut bagaimana perusahaan bisa memberikan yang terbaik dan tidak membuat kebijakan yang bisa merugikan baik perusahaan maupun lingkungan sekitar.
3.2 Saran
             Seharusnya setiap perusahaan harus mempunyai analisis lingkungan ini baik secara internal maupun eksternal. Dengan penerapan analisis lingkungan umum yang baik perusahaan akan mampu membuat strategi-strategi yang baik guna perusahaan mencapai tujuan dan dapat berbaur dengan lingkungan tempat perusahaannya agar tidak terjadi konflik yang malah bisa merugikan perusahaan.






 

DAFTAR PUSTAKA
Amir Taufiq. 2011. Manajemen Strategik Konsep dan Aplikasi. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

Sule Erni Tisnawati & Saefullah Kurniawan. 2008. “Pengantar Manajemen”. Jakarta. Prenada Media Group

Daft Richard. 2002. “Manajemen”. Jakarta : Erlangga

2 komentar:

  1. Artikelnya bagusss...
    Sekedar ingin berbagi aja, barangkali bisa menambah sedikit referensi mengenai Pengaruh Lingkungan Terhadap Perusahaan (General Business Environment)
    Klik --> Makalah Lingkungan Budaya Terhadap KFC di Indonesia

    BalasHapus
  2. Broker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085365566333
    BBM : d2e26405

    BalasHapus