Jumat, 06 April 2012

Bab 2 man keuangan


Bab 2
PERANAN PASAR UANG DAN TINGKAT BUNGA              DALAM MANAJEMEN KEUANGAN

Bab ini berpusat pada lingkungan pasar dimana perusahaan memperoleh dana jangka panjang termasuk struktur pasar keuangan, lembaga investasi perbankan, dan berbagai metode distribusi sekuritas. Bab ini juga mendiskusikan peranan tingkat bunga dalam mengalokasikan tabungan untuk investasi akhir. Setelah mempelajari bab ini diharapkan mahasiswa dapat :
  1. Mengerti hubungan historis antara sumber-sumber dana yang dihasilkan dari dalam dan dari luar perusahaan.
  2. Mengerti komposisi pembiayaan yang cenderung digunakan perusahaan untuk memperoleh modal pembiayaan jangka panjang.
  3. Menjelaskan mengapa pasar uang ada pada perekonomian yang maju.
  4. Membedakan antara sekuritas yang ditempatkan secara privat dan sekuritas yang ditawarkan ke publik.
A.  Pasar Uang Tercipta
Bila perusahaan pergi ke pasar uang untuk memperoleh dana, metode pembiayaan yang paling disukainya adalah hutang. Pasar hutang perusahaan dengan jelas mendominasi pasar ekuitas untuk pengumpulan dana baru. Pasar uang merupakan sebuah lembaga dan prosedur yang memberikan fasilitas transaksi untuk semua tipe tagihan keuangan. Pembelian rumah, saham biasa yang dimiliki investor, dan asuransi jiwa semuanya merupakan tipe pasar uang. Fungsi pasar keuangan adalah untuk mengalokasikan tabungan dengan efesiensi dalam perekonomian ke pengguna akhir tabungan tersebut. Dalam pasar keuangan kekuatan penawaran dan permintaan untuk instrument keuangan yang spesifik berada dalam satu tempat. Kemakmuran perekonomian tidak akan menjadi besar seperti ini tanpa system pasar uang yang maju. Beberapa unit ekonomi seperti rumah tangga, perusahaan atau pemerintah berbelanja lebih banyak selama periode tertentu daripada yang diperoleh. Unit ekonomi lain membelanjakan lebih sedikit untuk konsumsi sekarang daripada yang mereka peroleh. Contohnya perusahaan bisnis secara agraget biasanya membelanjakan lebih banyak daripada pendapatan mereka.                                    
Rumah tangga secara agraget menghabiskan lebih sedikit untuk konsumsinya dibanding yang mereka peroleh. Akibatnya diperlukan suatu mekanisme memfasilitasi transfer tabungan dari unit ekonomi yang surplus ke yang defisit. Pasar keuangan terjadi untuk mengalokasikan suplai tabungan dalam perekonomian bagi yang menginginkan tabungan tersebut. Karakteristik pasar keuangan adalah bertindak sebagai alat dimana pengaruh permintaan dan permintaan untuk tipe tagihan keuangan tertentu ( obligasi ) berada bersama.
Mengapa ekonomi akan menderita tanpa sistem pasar uang yang maju ? Jawabannya adalah bahwa kemakmuran ekonomi akan berkurang tanpa pasar keuangan. Tingkat pembentukan modal tidak akan tinggi tanpa adanya pasar uang. Ini berarti tambahan bersih selama periode tertentu untuk saham dari (1) tempat tinggal, (2) pabrik dan alat produksi,            (3) inventaris, (4) barang konsumen akan terjadi pada tingkat yang lebih rendah. Sistem pasar uang termasuk jaringan kompleks dari lembaga keuangan yang menolong mentransfer tabungan diantara unit ekonomi. Dua lembaga keuangan yang menangani transfer ini seperti perusahaan asuransi jiwa dan dana pensiun. Karena sifat usahanya perusahaan asuransi jiwa dapat melakukan investasi besar-besaran dalam instrument keuangan jangka panjang. Tendensi investasi ini timbul untuk dua alasan yaitu polis asuransi jiwa biasanya memasukkan elemen tabungan didalamnya dan kewajiban mereka cair pada tingkat yang sangat dapat diprediksi, sehingga perusahaan asuransi jiwa melakukan investasi dalam jangka panjang dari pasar sekuritas.
B. Perpindahan Tabungan
Setiap tahun rumah tangga merupakan penyalur dana bersih ke pasar uang. Sektor usaha non keuangan selalu merupakan peminjam dana bersih. Baik perusahaan asuransi jiwa dan dana pensiun swasta merupakan pembeli penting sekuritas perusahaan. Tabungan pada akhirnya ditransfer ke perusahaan yang membutuhkan dana dengan cara :
1.       Transfer dana langsung.
Disini perusahaan yang mencari uang tunai menjual sekuritasnya langsung ke penabung ( investor ) yang bermaksud membelinya dengan harapan memperoleh tingkat pengembalian yang wajar. Formasi usaha baru merupakan contoh yang bagus dari proses ini. Bisnis baru dapat pergi langsung ke penabung atau kelompok penabung yang disebut “kapitalis venture”. Kapitalis venture akan meminjamkan dana ke perusahaan atau mengambil posisi ekuitas dalam perusahaan jika mereka merasa bahwa produk atau jasa yang dijual perusahaan akan berhasil dipasar.
2.       Transfer tidak langsung dengan menggunakan banker investasi
Dalam pengaturan system ini bank pengelola investasi akan membentuk sebuah sindikat dari beberapa bankir investasi. Sindikat ini akan membeli keseluruhan penerbitan sekuritas dari perusahaan yang membutuhkan modal pembiayaan. Sindikat kemudian akan menjual sekuritas tersebut pada harga yang lebih tinggi dari yang dibayarnya ke investor public ( penabung ).
3.       Transfer tidak langsung dengan menggunakan lembaga keuangan
Ini merupakan tipe system dimana perusahaan asuransi jiwa dan dana pensiun beroperasi. Lembaga keuangan mengumpulkan tabungan dari perorangan dan menerbitkan sekuritasnya sendiri sebagai ganti tabungan ini. Lembaga keuangan lalu menggunakan dana yang terkumpul dari penabung perorangan untuk memperoleh sekuritas langsung perusahaan bisnis seperti saham dan obligasi.
C. Bankir Investasi
Kebanyakan perusahaan tidak sering mengumpulkan modal jangka panjang. Aktivitas manajemen modal kerja berlangsung setiap hari, tetapi menarik modal jangka panjang adalah sebagai perbandingan berlangsung pada saat tertentu saja. Jumlah yang terlibat bisa jadi sangat besar maka situasi ini dianggap sangat penting oleh manajer keuangan. Karena kebanyakan manajer tidak biasa dengan keruwetan dalam mengumpulkan dana jangka panjang, mereka mencari bantuan seorang ahli dan ahli tersebut adalah seorang Bankir Investasi.
Bankir investasi adalah seorang spesialis keuangan yang terlibat sebagai penengah dalam perdagangan sekuritas. Bankir bertindak sebagai orang yang ditengah dengan menyediakan arus tabungan dari unit ekonomi yang ingin menginvestasikan ke unit yang ingin memperoleh dana. Istilah bankir investasi digunakan untuk perseorangan maupun lembaga dimana orang tersebut bekerja dan umumnya dikenal sebagai perusahaan bank investasi atau rumah bank investasi.
Bankir investasi melakukan tiga fungsi dasar antara lain :
1.       Penjamin ( Underwriting )
Istilah penjamin ( underwriting ) dipinjam dari bidang asuransi yang berarti mengasumsikan risiko. Bankir investasi mengasumsikan risiko menjual suatu terbitan sekuritas pada harga yang memuaskan. Harga yang memuaskan adalah harga yang akan menghasilkan keuntungan untuk perusahaan bank investasi. Prosedurnya adalah sebagai berikut : bank investasi yang mengelola dan sindikatnya, akan membeli terbitan sekuritas dari perusahaan yang membutuhkan dana. Pada hari tertentu perusahaan yang mengumpulkan modal diberikan cek ( kontan ) sebagai ganti sekuritas yang diterbitkan. Pada titik ini sindikat bankir investasi inilah yang memiliki sekuritas tersebut. Perusahaan memperoleh dana dan dapat menggunakannya. Perusahaan sekarang kebal dari kemungkinan buruk yang terjadi pada pasar sekuritas. Jika harga sekuritas yang baru diterbitkan jatuh dibawah harga yang dibayarkan ke perusahaan oleh sindikat, sindikat akan menegalami kerugian. Sindikat tentu saja berharap bahwa situasi yang berlawanan akan terjadi dengan tujuan untuk menjual terbitan baru ke masyarakat investor pada harga sekuritas yang lebih tinggi dari biayanya. 
2.       Distribusi ( Distributing )
begitu sindikat memiliki sekuritas baru, mereka harus mengusahakan agar sekuritas tersebut sampai ke tangan investor akhir.
Inilah fungsi distribusi atau penjualan dari bank investasi.
3.       Pemberian Saran ( Advising )
Bankir investasi daalah seorang ahli dalam penerbitan dan pemasaran sekuritas. Perusahaan bank investasi yang mapan akan menyadari kondisi pasar yang sedangterjadi dan dapat menghubungkan kondisi tersebut dengan tipebsekuritas tertentu yang harus dijual pada waktu yang ditentukan. Kondisi usaha boleh jadi mengisyaratkan peningkatan suku bunga dimasa depan. Bankir investasi dapat menyarankan perusahaan untuk menerbitkan obligasinya pada waktu yang tepat untuk menghindari penghasilan yang lebih tinggi yang akan datang. Bankir dapat menganalisa struktur modal perusahaan dan membuat rekomendasi seperti apa sumber umum modal harus diterbitkan. Dalam banyak contoh perusahaan akan mengundang bankir investasinya untuk duduk dalam dewan komisaris. Ini membuat bankir dapat mengobservasi aktivitas perusahaan dan membuat rekomendasi atas dasar regular.


Beberapa metode tersedia bagi perusahaan untuk menempatkan penawaran sekuritas baru ditangan investor asing. Metode utama untuk distribusi sekuritas ke publik termasuk :
1.       Pembelian yang dinegosiasikan ( Negotiated Purchase )
Dalam suatu penjaminan yang dinegosiasikan, perusahaan yang membutuhkan dana membuat kontrak dengan bankir investasi dan hal-hal yang berhubungan dengan sekuritas baru dimulai. Jika semua berjalan dengan baik, suatu metode dinegosiasikan untuk menentukan harga yang akan dibayar oleh bankir investasi dan sindikat untuk sekuritas tersebut. 
2.       Pembelian melalui penawaran kompetitif ( Competitive Bid Purchase )
Metode yang menentukan kelompok penjamin efek membedakan pembelian dengan penawaran kompetitif dari pembelian yang dinegosiasikan. Dalam penjaminan kompetitif, beberapa kelompok penjamin menawar hak pembelian terbitan baru dari perusahaan yang mencari dana. Perusahaan tidak secara langsung memilih bankir investasi. Bankir investasi yang menjamin dan mendistribusikan penerbitan dipilih melalui proses lelang. Sindikat yang membayar harga tertinggi untuk setiap sekuritas akan memenangkan penawaran kompetitif.
Kebanyakan pembelian penawaran kompetitif terbatas pada tiga situasi yang dibatasi oleh peraturan penerbitan railroad, penerbitan fasilitas umum, penerbitan obligasi kota dan pemerintah daerah.
3.       Komisi atau dasar usaha terbaik ( Commission or Best Effort Basis )
Disini bankir investasi bertindak sebagai agen bukan sebagai distributor dalam proses distribusi dan sekuritas tidak dijamin. Bankir investasi mencoba menjual penerbitan dengan balasan komisi yang tetap untuk setiap sekuritas yang terjual. Sekuritas yang tidak terjual dikembalikan ke perusahaan. Pengaturan ini biasa digunakan untuk penerbitan yang lebih spekulatif. Perusahaan penerbit bisa jadi lebih kecil atau belum semapan yang diharapkan bankir investasi. Karena risiko penjaminan tidak diberikan ke bankir investasi metode distribusi ini tidak memberikan biaya yang terlalu tinggi untuk penerbit dibanding pembelian yang dinegosiasikan atau penawaran pembelian. Dilain pihak bankir investasi hanya harus memberikan usahanya yang terbaik.


4.       Pendaftaran istimewa ( Privileged Subscription )
Terkadang perusahaan dapat merasa bahwa telah lebih dulu ada pasar untuk sekuritas barunya. Ketika terbitan baru dipasarkan untuk kelompok investor terseleksi tertentu biasanya dinamakan pendaftaran istimewa. Target pasar yang biasanya terlibat adalah pemegang saham yang telah ada, pegawai dan pelanggan. Dalam pendaftaran istimewa bankir investasi biasanya hanya bertindak sebagai agen penjualan. Perusahaan penerbit dan bankir investasi juga mungkin menandatangani perjanjian yang akan mewajibkan bankir investasi untuk menjamin sekuritas yang tidak dibeli investor istimewa.
5.       Penjualan langsung
Dalam penjualan langsung perusahaan penerbit menjual sekuritas langsung ke masyarakat tanpa melibatkan bankir investasi. Bahkan diantara perusahaan-perusahaan raksasa yang mapan, prosedur ini sangat jarang dilakukan.
6.       Pemimpin industri
Semua industri memiliki pemimpin, dan bank investasi tidak merupakan pengecualian.
C. Komponen Dalam Sistem Pasar Uang
Banyak sekali pendekatan diciptakan untuk mengklasifikasikan pasar modal. Terkadang susunannya dapat membingungkan. Suatu pemeriksaan atas empat set istilah dikotomis dapat memberikan pengertian dasar mengenai struktur pasar uang.
      1. Penawaran Publik dan Penempatan Privat
Bila perusahaan memutuskan untuk meningkatkan modal eksternal, dana tersebut dapat  diperoleh dengan membuat penawaran publik atau penempatan privat. Dalam penawaran publik baik perorangan maupun lembaga investor memiliki kesempatan membeli sekuritas. Sekuritas biasanya disediakan untuk publik sebagian besar oleh perusahaan bank investasi dan sindikat penjamin efek. Perusahaan tidak bertemu dengan pembeli akhir sekuritas dalam penawaran publik. Pasar publik merupakan pasar yang impersonal.
Dalam penempatan privat ( private placement ) yang juga disebut penempatan langsung, sekuritas ditawarkan dan dijual ke sejumlah investor yang terbatas. Perusahaan biasanya bertemu muka dengan calon pembeli, menyampaikan penawaran secara detail. Dalam situasi ini perusahaan investasi dapat bertindak selaku seorang penemu dengan membawa bersama calon peminjam dan pemberi pinjaman yang potensial. Penempatan privat merupakan alternatif penjualan sekuritas ke publik atau untuk kelompok investor yang terbatas melalui ( a privileged subsription ) pelangganan istimewa. Tipe sekuritas apapun dapat ditempatkan secara privat ( langsung ditempatkan ). Namun pasar ini dengan jelas didominasi oleh terbitan hutang. Investor utama dalam penempatan privat adalah lembaga keuangan besar. Berdasarkan volume sekuritas yang dibeli, kelompok investor yang paling penting adalah :
1.  perusahaan asuransi jiwa
2.  lembaga dana pensiun lokal dan pemerintah daerah
3.  dana pensiun swasta
Dalam mengatur penempatan privat, perusahaan dapat (1) menghindari penggunaan bankir investasi dan bekerja langsung dengan lembaga investasi atau (2) menggunakan jasa bankir investasi. Jika perusahaan tidak menggunakan bankir investasi, tentu saja perusahaan tersebut tidak usah membayar ongkos. Sebaliknya bankir investasi dapat memberikan saran berharga dalam proses penempatan privat. Mereka bisa memiliki hubungan dengan beberapa lembaga investor besar, sehingga mereka akan tahu jika perusahaan berada dalam posisi untuk menginvestasikan dalam rencana penawaran dan mereka dapat menolong perusahaan mengevaluasi persyaratan penerbitan baru. Penempatan privat memiliki keuntungan dan kerugian dibanding dengan penawaran publik. Keuntungan bila melakukan penempatan privat adalah :
1. Cepat
Perusahaan biasanya memperoleh dana lebih cepat melalui penempatan privat daripada melalui penawaran publik. Alasan utamanya adalah karena tidak dibutuhkan registrasi penerbitan di SEC ( di Indonesia BAPEPAM ).
2. Menurunkan biaya flotasi ( flotation cost )
Penghematan ini terjadi karena tidak harus disiapkan pernyataan registrasi yang panjang untuk SEC dan bank investasi penjamin serta biaya distribusi tidak perlu diikutsertakan.
3. Fleksibilitas pembiayaan
Dalam penempatan privat, perusahaan berhadapan langsung dengan sejumlah kecil investor. Ini berarti bahwa persyaratan penerbitan dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan tertentu perusahaan. Misalkan semua dana tidak harus diambil perusahaan sekaligus. Sebagai ganti biaya komitmen, perusahaan dapat menarik sejumlah kredit yang sudah ditetapkan dengan investor. Ini memberikan semacam asuransi terhadap ketidakpastian pasar modal, dan perusahaan tidak harus meminjam dana jika tidak butuh. Juga terdapat kemungkinan negosiasi ulang. Syarat-syarat penerbitan hutang dapat diubah. Syarat jatuh tempo, tingkat bunga, atau perjanjian terbatas lainnya dapat didiskusikan diantara pihak-pihak yang terlibat.
Sedangkan kerugian yang harus dievaluasi akibat penempatan privat adalah :
         1. Biaya bunga
Biasanya biaya bunga atas penempatan privat melebihi penerbitan publik. Apakah kerugian ini cukup mengganggu biaya flotasi yang dikurang dengan penempatan privat merupakan keputusan yang harus dilakukan manajer keuangan. 
  2. Perjanjian terbatas
Kebijakan dividen, tingkat modal kerja dan penambahan modal hutang tambahan dapat dipengaruhi oleh provision dalam kontrak hutang penempatan privat. Tidak lupa juga bahwa pembatasan seperti itu tidak pernah ada dalam kontrak hutang publik. Eksekutif keuangan harus menyadari bahwa ada kecenderungan perjanjian ini membebani kontrak privat.
         3. Kemungkinan registrasi SEC dimasa depan   
Jika pemberi pinjaman memutuskan menjual penerbitan ke pembeli umum sebelum jatuh tempo, terbitan tersebut harus dicatat di SEC. Beberapa pemberi pinjaman kemudian mensyaratkan agar perusahaan penerbit setuju untuk mencatatkan dimasa depan atas pilihan mereka.
      2. Pasar Perdana dan Pasar Sekunder
Pasar perdana adalah pasar dimana sekuritas ditawarkan untuk pertama kalinya kepada investor potensial. Sedangkan pasar sekunder mewakili transaksi sekuritas yang saat ini beredar diluar.
 1.Regulasi Pasar Perdana
Pasar untuk penerbitan baru diatur oleh Securities Exchange Act ( SEC ) tahun 1933. Di Indonesia penerbitan saham baru diatur dalam UU pasar modal. Tujuan UU ini penting yaitu untuk menyediakan investor potensial informasi akurat dan benar mengenai perusahaan dan sekuritas baru yang ditawarkan ke publik. Tetapi hal ini tidak mencegah perusahaan menerbitkan sekuritas berspekulasi tinggi. SEC tidak mengatakan apapun mengenai berapa nilai investasi sesungguhnya terhadap nilai sekuritas yang ditawarkan. SEC tidak memiliki kekuatan hukum dan tanggung jawab untuk memaksakan UU 1933.
Umumnya SEC mendefinisikan penerbitan publik sebagai yang telah dijual ke lebih dari dua puluh lima investor. Beberapa penerbitan publik yang tidak harus dicatat, termasuk :
    1. terbitan yang relatif kecil dengan perusahaan menjual kurang dari $1,5 juta sekuritas pertahun
    2. penerbitan yang seluruhnya dijual antar negara bagian
    3. penerbitan yang sebenarnya merupakan instrumen jangka pendek, artinya jatuh tempo dalam 270 hari atau kurang
    4. penerbitan yang telah diregulasikan atau dikontrol oleh badan federal lainnya, misalnya disini adalah Komisi Tenaga Federal ( fasilitas umum ) dan Komisi Perdagangan Antar Negara Bagian ( railroad )   
  2. Regulasi Pasar Sekunder
Perdagangan sekunder diregulasikan dalam Securities Exchange Act 1934. UU ini menciptakan SEC yang menjalankan hukum sekuritas. Aspek utama dari uu 1934 :
    1. Bursa efek utama harus tercatat di SEC, ini meregulasikan persyaratan laporan pertukaran dan tempat atas perusahaan yang sekuritasnya terdaftar di bursa efek tersebut
    2. Perdagangan antar orang dalam juga memiliki regulasi. Orang dalam dapat berupa pegawai, direktur, keluarga, investor utama, atau setiap orang yang memiliki informasi operasi perusahaan yang tidak diketahui publik. Jika seorang investor membeli sekuritas perusahaan dengan investor tersebut adalah orang dalam, ia harus memegangnya sekurang-kurangnya enam bulan sebelum dapat menjualnya kembali. Bila tidak keuntungan yang diperoleh dari perdagangan saham untuk periode kurang dari enam bulan harus dikembalikan ke perusahaan.
    3. Dilarang melakukan perdagangan manipulasi sekuritas oleh investor untuk mempengaruhi harga saham
    4. SEC memiliki kontrol atas prosedur perwakilan



 3.  Pasar Uang dan Pasar Modal
Pasar modal mengacu pada semua lembaga dan prosedur yang menyediakan transaksi instrumen keuangan jangka panjang. Jangka panjang disini berarti memiliki periode jatuh tempo yang lebih dari satu tahun. Dalam arti luas ini tidak termasuk pinjaman berjangka dan financial leases, ekuitas perusahaan, dan obligasi. Dalam struktur modal perusahaan salah satunya diperoleh dari pasar modal. Elemen penting pasar modal adalah bursa efek dan bursa pararel over-the-counter market. Ciri-ciri yang membedakan antara pasar uang dan pasar modal adalah periode jatuh tempo dari sekuritas yang diperdagangkan didalamnya. Pasar uang merujuk pada semua lembaga dan prosedur yang menyediakan transaksi hutang jangka pendek yang biasanya diterbitkan peminjam dengan peringkat kredit yang tinggi. Oleh konvensi keuangan, jangka pendek berarti periode jatuh tempo dibawah satu tahun.
4.   Bursa Efek
Bursa efek adalah benda nyata, secara fisik mereka menempati tempat ( seperti bangunan atau sebagian bangunan ) dan instrumen keuangan diperdagangkan ditempat tersebut. Baik perusahaan dan investor menikmati beberapa keuntungan dengan adanya bursa efek, termasuk :
  1. Menyediakan pasar yang berkesinambungan
Pasar yang berkesinambungan menyediakan satu seri harga sekuritas yang kontinyu. Harga berubah dari perdagangan ke perdagangan cenderung menjadi lebih kecil dibanding bila tidak ada pasar yang terorganisasi. Alasannya karena dalam setiap sekuritas ada volume penjualan yang relatif besar, pemesanan dilakukan dengan cepat, dan jangkauan antara harga yang diminta dan harga yang ditawarkan cenderung sempit, akibatnya gejolak harga kecil.
  1. Memantapkan dan mempublikasikan harga sekuritas yang wajar
Bursa efek mengijinkan harga sekuritas untuk ditetapkan dengan kekuatan kompetitif. Tidak ditetapkan oleh negosiasi diluar lantai bursa, dimana pihak yang satu dapat memiliki keuntungan penawaran. Proses penawaran mengalir dari penawaran dan permintaan setiap sekuritas. Ini berarti harga tertentu dari suatu sekuritas ditentukan dalam perilaku lelang, tambahannya harga sekuritas yang ditentukan di setiap bursa dipublikasikan luas.

  1. Membantu bisnis memperoleh modal baru
Karena pasar sekunder yang kontinyu ada dimana harga-harga ditentukan dengan kompetitif lebih mudah bagi perusahaan untuk menerbitkan sekuritas baru dengan sukses. Mekanisme harga yang terus berlanjut juga menyediakan penentuan harga penawaran untuk penerbitan baru.     

Latihan Soal
  1. Apakah pasar-pasar keuangan dan apakah fungsinya ? Bagaimana sebuah ekonomi akan menjadi buruk tanpa mereka ?
  2. Sebutkan perbedaan antara pasar uang dan pasar modal !
  3. Dengan adanya bursa efek yang terorganisasi, sebutkan keuntungan-keuntungan utama yang dirasakan oleh perusahaan dan investor !
  4. Apa yang dimaksud dengan bankir investasi ( investment banker ) dan sebutkan fungsi dari bankir investasi ( investment banker ) !
  5. Tabungan pada akhirnya ditransfer ke perusahaan yang membutuhkan dana dengan beberapa cara, sebutkan dan jelaskan cara-cara transfer !
  6. Jelaskan proses penempatan privat ( private placement ) !
  7. Apa yang dimaksud dengan pasar sekunder dan pasar perdana ?
  8. Sebutkan kerugian yang harus dievaluasi akibat penempatan privat ( privat placement ) ! 

4 komentar:

  1. BERITA BAGUS UNTUK ANDA
    Apakah Anda telah ditolak akses ke pinjaman keuangan untuk membeli rumah, mobil, untuk membiayai diri sendiri atau mendirikan bisnis.
    Jangan khawatir lagi ... Cepat dan ajukan pinjaman lunak cepat Anda di PERUSAHAAN PINJAMAN GARY REYMOLDS.
    Kami memberikan semua jenis pinjaman kepada individu dan perusahaan dengan tingkat bunga rendah 2%.
    Hubungi kami melalui E-mail: garyreymolds36loanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus
  3. My name is Reni Alida, I want to use this media to remind all loan seekers to be very carefull/vigilant, because there are frauds and fake loan company everywhere, they will send fake loan agreement documents to you and they will say there are no payments upfront, but they are fraudstarts, because they will then ask for payment of license fees and transfer fees, so be careful of those fraudulent Loan Companies.

    A few months ago I was financially tense and desperate, I was tricked by several online loan company. I almost lost hope until God used my friend who referred me to a very reliable lender called Ms. Elizebeth Isaac Loan Company, who lent me an unsecured loan of Rp.600,000,00 (600 thousand) in less than 24 hours and the interest rate was only 2% .

    I was very surprised when I checked my bank account balance and found that the amount I applied was sent directly to my bank account without delay.

    Because I promise that I will share the good news, so that people can get loans easily without stress. So, if you need any loan,do not hesitate please contact her via real email: Elizebethisaacloancompany@gmail.com and by God's grace she will never let you down in getting a loan if you obey her terms and condition.

    You can also contact me at my email: renialida@gmail.com. All I will do is try to fulfill my loan payments that I send directly to their accounts monthly.

    BalasHapus
  4. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus